sponsors







armada bus terbanyak di indonesia

Kali ini waktunya melakukan survei ke berbagai forum dan sampai yahoo answer untuk mengetahui data siapakah perusahaan otobus yang mempunyai jumlah armada bus terbanyak di indonesia, walaupun dalam hal ini bukan berarti perusahaan bus terbesar atau terbaik , hanya mempunyai kwantitas terbanyak.

Armada bus terbanyak di indonesia ditempati oleh Po AKAS dengan alasan mempunyai anak cabang yang banyak dan kedua dipegang oleh Po Hiba Utama dengan alasan yang sama pula.

Sekelumit Sejarah Po Akas Po Akas pada generasi pertama dimiliki oleh nama tunggal yaitu H Karman Amat yang mempunyai empat generasi berikutnya yaitu:

  1. Akas 1 dipimpin Pak Harsono dengan trayek khusus jalur Surabaya Banyuwangi atau Malang Banyuwangi lewat jalur utara (Situbondo). Ciri-ciri bis ini adalah tulisan Akas hurufnya masing-masing tertulis terpisah. Sedikit informasi cerita dari Pak Harsono bahwa Akas itu singkatan dari “Allah Kuasa Alam Semesta”. Jumlah armada Akas 1 tidak sebanyak yang lain, kata mekanik di garasi ini, pemiliknya lebih senang bereskperimen dengan busnya dari pada mengembangkannya, jadi jangan heran kalau dulu busnya banyak yang sudah tidak standard dan jadi kenceng-kenceng larinya. 
  2. Akas 2 dipimpin Pak Hartoyo (Tingok) dengan trayek ke timur lewat selatan (Jember). Dalam perkembangan, Akas 2 ini memiliki armada terbanyak dengan jurusan sampai ke Jateng (khusus jalur selatan seperti Madiun, Solo, Jogja, Ponorogo) dan Bali. Di garasi ini selain nama Akas, ada juga yang bernama Yuangga, Indonesia Abadi, Harapan Kita dan beberapa nama lain lagi. 
  3. Akas 3 kebanyakan mempunyai rute yang sama dengan akas 2 dan sekarang banyak memakai nama Anggun Krida, Kurnia Abadi. Dulu sempat punya armada ATB dengan trayek Jember Tegal 
  4. Akas 4 mempunyai rute yang berhimpitan dengan Akas 1 dan sudah masuk juga ke Jateng khusus jalur utara (Semarang) dan Bali. Ciri-ciri bis ini dulunya warna bisnya dominan abu-abu.
Dari keempat kepemilikan tersebut ada satu nama yang saya tidak tahu kepemilikannya cuma garasinya masuk di Akas 4, yaitu Mila dan Karmina Rizki. Menurutinformasi dari kru, Mila singkatan dari “Milik Akas” tapi gak tahu Akas yang mana. Pada generasi ke 3 hanya sedikit informasi yang diperoleh, yaitu :
  1.  Akas 1 sepertinya masih dikelola bersama oleh anak dari pemilik Akas 1, cuma tidak ada perkembangan mulai dari dulu sampai sekarang. 
  2. Akas 2 berpindah kelola ke generasi ke 3 yaitu Akas Asri (dipimpin oleh Bu Sri), Akas NNR (NNR=Nike Nora Roy) dan Akas … (sepertinya Akas saja tapi ada warna hijaunya). Pembagian ini bukan dari jumlah anak Pak Tingok, tetapi berdasarkan dari beberapa istri dari Pak Tingok. Akas Asri berkembang ke bis Malam Jember Jakarta dan Kepanjen Malang Surabaya Jakarta. Cuma trayek yang Malang Jakarta tidak bertahan lama. Akas NNR punya banyak ATB ke Solo, Jogja, Ponorogo dan Cirebon (pakai nama Harapan Kita, atau orang komuter Cirebon Probolinggo bilangnya HK atau Harkit). 
  3. Akas 3 masih belum terbagi 
  4. Akas 4 masih belum terbagi dan banyak menjadi Bus Pariwisata
armada bus terbanyak di indonesia
armada bus terbanyak di indonesia



6 comments:

Unknown said...

Aaaaah... ini sih PRAKIRAAN CUAP...CUAP... MUACH..MUACH...

Bagus rio dwi mayvando said...

Bukan prakiraan belaka,fakta dulu akas menjadi bus yg terbanyak yg paling banyak akas 2 dengan anak perusahaan yg mencapai 1000-2000an bus,belum akas 4 yg kisaran 500an bus,dan akas 1 dan 3 yg busnya tidak banyak,kalo ditanya ke pemilik PO pasti bisa jawab,karena punya daftar nopol kendaraan bus yg mereka operasionalkan

all-1 hardianto said...

Ni hasil wawancara ape nyontek bang

Sandhy23 said...

Banyakan mana sama sinar jaya???

Unknown said...

Akas group banyak anaknya min... akas asri, akas green, mila sejahtera, anggun krida, harapan kita, akas nnr-nr, indonesia abadi, estu jaya, dll

aep kelapa said...

kalo bus mayasari bakti keberapa ya min???

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes